Kamis, 04 Februari 2010

PROPOSAL PEMBERDAYAAN PEMULUNG

I. PENDAHULUAN
Berawal dari sebuah pertemuan kecil dengan seorang pemulung beberapa bulan yang lalu. Dari obrolan dengannya saya mendapati sebuah realita kehidupan yang penuh dengan keprihatinan. Tapi dari obrolannya pula saya menemukan sebuah semangat hidup yang luar biasa. Lalu munculah mutiara yang selama ini terpendam sangat dalam, bahwa dalam diri mereka ada sebuah keinginan yang sangat besar untuk membangun hidup yang lebih baik. Mereka ingin belajar hidup, mereka ingin belajar agama. Sebuah keinginan yang selama ini belum pernah mereka ungkapkan.
Entah apa yang mendorongnya, keinginan itu terungkap di depan saya. Saya mencoba mensikapi ini menjadi sebuah tantangan, sebuah peluang untuk berbuat baik. Dikuatkan oleh sebuah keyakinan bahwa ini adalah sebuah amanah yang harus saya pikul untuk mendampingi mereka.
Maka, berjalanlah sebuah kegiatan baru bagi mereka dan bagi saya juga, kami jadi sering bertemu, belajar bersama, belajar tentang agama, belajar tentang kehidupan. Satu orang, dua orang kemudian terus bertambah. Lalu munculah sebuah keinginan untuk memikirkan yang lainnya juga, yang dalam pengamatan saya di daerah sekitar saya terdapat puluhan bahkan mungkin ratusan orang yang berprofesi sama.
Dan keinginan itu tidak berhenti, saya tidak ingin kegiatan ini hanya sampai belajar saja. Saya berharap juga bisa menggarap bidang yang lainnya. Bidang yang juga tak kalah pentingnya bagi mereka. Ada harapan besar saya juga bisa mengembangkan bidang ekonomi mereka, saya ingin penghasilan mereka meningkat. Saya ingin kehidupan mereka menjadi lebih baik. Sayangnya untuk urusan ini saya tidak bisa jalan sendiri, saya buntuh bantuan saudara-saudara yang lain.

II. RENCANA PROGRAM
Saudara sekalian, ada beberapa rencana berkaitan dengan pemberdayaan pemulung disekitar saya. Secara umum saya bagi dalam dua bidang, pertama adalah pengembangan keilmuan dan yang kedua pengembangan perekomomian.
Rinciannya sebagai berikut :
A. Bidang Pengembangan Keilmuan
1. Pengajian Rutin
2. Pendirian Perpustakaan Sederhana
B. Bidang Pengembangan Perekonomian
1. Rencana Jangka Pendek, yaitu pembuatan lapak mandiri
2. Rencana Jangka Panjang, pengembangan usaha meliputi :
a. Pengolahan barang-barang rongsokan menjadi bahan yang memiliki nilai jual lebih, seperti penggilingan plastik atau membuat barang kerajinan dari barang bekas.
b. Pembukan usaha baru, seperti pengolahan kompos, budi daya tanaman hias, ternak lele (skala kecil), ternak domba(skala kecil).


III. RENCANA KEBUTUHAN
Berikut saya coba menuangkan beberapa kebutuhan berkaitan dengan upaya pemberdayaan pemulung yang ada di sekitar saya.
A. Bidang Pengembangan Keilmuan
Kami memerlukan buku-buku, baik yang baru maupun bekas untuk pendirian Perpustakaan Sederhana.
B. Bidang Pengembangan Perekonomian
Pengembangan Jangka Pendek
1. Sewa tanah + 150 m2 untuk satu tahun = Rp. 5.000.000,-
2. Biaya membangun lapak tempat usaha dan tinggal = Rp. 3.000.000,-
3. Biaya membuat 10 buah gerobak untuk
mencari barang @Rp. 200.000,- = Rp. 2.000.000,-

Jumlah = Rp. 10.000.000,-


IV. HARAPAN PARTISIPASI
Bagi saudara-saudara saya sangat mengharapkan partisipasinya dalam upaya pemberdayaan pemulung ini. Bagi yang bermaksud berpartisipasi mengirimkan buku-buku, sementara bisa di kirim ke rumah saya dengan alamat : Jl. Ulil Albab No. 20 Cingised Rt. 01 Rw. 03 Kelurahan Cisaranten Endah, Arcamanik Bandung 40293. Untuk yang berniat berpartisipasi berupa dana tunai bisa di kirim ke : Rekening 1300005630572 Bank Mandiri KCP Bdg Soekarno Hatta, Atas nama Uus Hoeruddin, S.Pd.
Anda juga bisa berpartisipasi dengan menyumbangkan barang-barang bekas yang sudah tidak terpakai lagi, atau sampah/limbah yang bisa didaur ulang (berupa kertas, plastik atau logam). Barang-barang bisa dikirim ke alamat di atas. Atau untuk Anda yang berada di kota Bandung, barang bisa kami ambil ke tempat.
Untuk informasi bisa hubungi saya di tlp. 081320363386, atau e-mail : palungbandung@yahoo.com atau kamad_miz2@yahoo.co.id
V. PENUTUP
Terakhir saya berharap semoga proposal ini menjadi sebuah upaya dalam mewujudkan kepedulian kita, besar harapan agar saudara-saudara dapat berpartisipasi.
Secara khusus saya sampaikan terima kasih kepada Ade Ferra dan Dadan Fahri serta rekan-rekan yang lain yang mendorong saya menuliskan proposal ini.
Semoga Allah meridhai langkah kita.

Bandung, 27 Januari 2010

Uus Hoeruddin, S.Pd.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar