Jumat, 05 Februari 2010

Program Mitra PALUNG

Kehidupan sehari-hari seorang pemulung tidak lepas dari limbah yang bagi kita mungkin sudah dianggap sampah yang tidak berguna lagi. Bagi mereka limbah-limbah inilah yang menjadi sumber kehidupannya.

Di sisi lain akibat dari limbah-limbah yang kita buang sembarangan, kerap menimbulkan masalah, pencemaran lingkungan, bahkan terjadinya banjir salah satu penyebabnya adalah tersumbatnya saluran air oleh limbah yang kita buang. Kadang kita tidak sadar karena hanya membuang limbah sedikit. Tapi yang sedikit itu kalau dilakukan oleh banyak orang pasti akan jadi banyak juga. Dan banyak juga masalah yang di timbulkannya. Bagaimana jika limbah itu kita pilih, yang dapat di daur ulang kita pisah lalu kita kumpulkan. Jika sudah terkumpul kita berikan kepada para pemulung yang membutuhkan.

Mungkin yang terkumpul hanya sedikit, tapi jika banyak orang yang mengumpulkan pasti hasilnya banyak. Dan akan banyak pula manfaatnya bagi mereka yang menbutuhkan.

Sebagai contoh perbandingan, di rumah saya sediakan sebuah karung, tempat menyimpan limbah yang dapat di daur ulang berbentuk kertas, botol kemasan, onderdil bekas dan lain-lain. Kurang lebih dalam waktu dua minggu, karung kecil bekas beras itu sudah penuh. Bayangkan jika ada 100 orang melakukan yang sama, berarti dalam waktu 2 minggu ada 100 karung yang terkumpul.

Terdorong oleh harapan untuk membantu menjaga lingkungan dan membantu mereka yang secara ekonomi membutuhkan. Kami dari PALUNG(Rintisan Lembaga Pemberdayaan Pemulung Bandung) mencoba merintis sebuah program kemitraan yang kami beri nama “Program Mitra PALUNG”.

Selain Limbah yang dapat di daur ulang Program Mitra PALUNG juga menghimpun partisipasi Anda berupa barang-barang bekas yang masih layak pakai, berupa pakaian bekas atau buku-buku bekas. Anda juga bisa berpartisipasi dalam bentuk dana untuk biaya operasional kami terutama di masa peintisan ini.

Di Program Mitra Palung Anda Bisa bergabung menjadi :

1. Mitra aktif, adalah mitra yang secara aktif mengantarkan barang barang yang sudah dikumpulkan.

2. Mitra tunggu, adalah mitra yang hanya menginformasikan barang yang akan di sumbangkan kemudian kami ambil. Sementara Mitra tunggu hanya kami buka untuk wilayah Bandung saja.

3. Mitra donatur, adalah mitra yang turut menyumbang dalam bentuk dana untuk penyediaan sarana dan prasarana serta pengembangan program.

Bagi Anda yang bersedia menjadi Mitra Palung, silahkan mengisi formulir yang telah kami sediakan, kemudian mengirimkannya via e-mail ke : palungbandung@yahoo.com atau kamad_miz2@yahoo.co.id . Atau cukup mengirimkan Nama, Alamat dan Jenis Mitra kirim via sms ke 081320363386.

Pengiriman barang di alamatkan ke :

PALUNG (Rintisan Lembaga Pemberdayaan Pemulung)

Jl. Ulil Albab No. 20 Cingised Rt. 01 Rw. 03 Kelurahan Cisaranten Endah, Arcamanik Bandung 40293

Bantuan dana dapat dikirim ke:

Rekening 1300005630572 Bank Mandiri KCP Bdg Soekarno Hatta, Atas nama Uus Hoeruddin, S.Pd.

Formulir Pendaftaran Mitra PALUNG

Saya,

Nama : ……………………………………………………………

Alamat : …………………………………………………………

No. Tlp : …………………………………………………………

Bersama ini menyatakan kesediaan untuk menjadi Mitra aktif/tunggu/donatur*) PALUNG (Rintisan Lembaga Pemberdayaan Pemulung Bandung)

Demikianlah “Program Mitra PALUNG” semoga dapat menjadi lahan kebaikan bagi kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar