Senin, 11 Oktober 2010

PROPOSAL PENYALURAN HEWAN QURBAN IDUL ADHA 1431 H UNTUK WARGA BINAAN PALUNG DAN DAERAH PERKAMPUNGAN

I. Pendahuluan

Sekitar sebulan yang lalu Alhamdulillah Umat Islam telah melewati bulan Ramadhan 1431 H. Sebagai bulan pembinaan, setelah melaksanakan aktivitas di Bulan Ramadhan diharapkan Umat Islam bisa meningkatkan ibadahnya. Setidaknya ada dua dimensi ibadah yang dapat di tingkatkan pada bulan Ramdhan. Yang pertama, adalah dimensi ibadah individu kepada Alloh, meliputi peningkatan keyakinan, kepatuhan dan keikhlasan dalam menyerahkan kataatan kepada Alloh. Yang kedua, adalah dimensi ibadah sosial diharapkan setelah shaum dan membayarkan zakat fitrah, umat islam dapat meningkatkan kepeduliannya kepada sesama, terutama yang membutuhkan bantuan dari kita.

Sebagai pembuktian peningkatan dua dimensi ibadah tersebut, insyaAlloh sekitar sebulan kedepan umat islam akan menghadapi Hari Raya Idul Adha atau Idul Qurban, yang diiringi dengan syariat haji dan penyembelihan hewan qurban bagi yang mampu.

Sebagai syariat yang senantiasa dilaksanakan oleh Umat Islam, penyembelihan hewan qurban tentu diharapkan, selain sebagai wujud ketaatan dan pengorbanan seorang Muslim kepada Alloh SWT, juga dapat menjadi ibadah sosial yang memiliki andil besar dalam mengatasi permasalahan-permasalahan sosial selama ini.

Alhamdulillah akhir-akhir ini kesadaran umat islam dalam melaksanakan ibadah penyembelihan hewan qurban semakin meningkat. Namun demikian kami masih melihat ada permasalahan yang harus menjadi perhatian kita bersama ketika pelaksanaan penyembelihan hewan qurban, yaitu dalam hal pemerataan pendistribusian daging hewan qurban kepada yang berhak menerimanya. Pendistribusian daging hewan qurban relatif masih terbatas di tempat dan kalangan tertentu saja. Secara umum penyembelihan hewan qurban masih terpusat di kota-kota sedangkan untuk masyarakat pedesaan masih sangat kurang. Dalam hal ini mungkin bisa kita bandingkan, jika di kota besar seperti Jakarta, terutama di sekitar mesjid Istiqlal, hewan qurban yang disembelih sangat banyak. Sedangkan di pedesaan mungkin untuk satu kampung hanya satu, dua ekor domba atau bahkan tidak sama sekali. Di perkotaan pun penyebaran daging, masih terbatas di lingkungan tertentu saja, hanya mereka yang mendapatkan kupon saja yang biasanya mendapatkan jatah daging. Sementara mereka yang relatif kurang sosialisasi biasanya terabaikan, kalaupun mendapat jatah tidak sebanyak orang lain.

Mengingat hal tersebut di atas, untuk menyambut Hari Raya Idul Adha 1341H yang akan dating kami, PALUNG(Rintisan Lembaga Pemberdayaan Pemulung Bandung) bermaksud mengadakan program yang kami beri nama :

“PENYALURAN HEWAN QURBAN IDUL ADHA 1431 H

UNTUK WARGA BINAAN PALUNG DAN DAERAH PERKAMPUNGAN”

II. Bentuk Kegiatan

Adapun kegiatan yang akan kami laksanakan adalah pengumpulan penyaluran hewan qurban, berupa :

a. Daging hasil penyembelihan hewan qurban, kemudian akan kami bagikan kepada yang berhak.

b. Hewan Qurban hidup (domba atau sapi), kemudian kami sembelih dan kami bagigan kepada yang berhak.

c. Uang tunai yang akan kami belikan hewan qurban, kemudian kami sembelih dan bagikan kepada yang berhak.

III. Waktu dan Tempat Kegiatan

InsyaAlloh kegiatan akan kami laksanakan dalam beberapa tahapan, meliputi :

1. Pengumpulan penyaluran hewan qurban berupa hewan hidup (domba atau sapi) dan uang tunai akan kami laksanakan mulai tanggal 10 Oktober 2010 sampai tanggal 16 Nopember 2010.

2. Pengumpulan penyaluran hewan qurban berupa daging, akan kami laksanakan pada tanggal 17, 18 Nopember 2010 (atau mengikuti penetapan pihak yang berwenang)

3. Penyembelihan dan pembagian hewan qurban, akan kami laksanakan pada tanggal 17, 18 Nopember 2010 (atau mengikuti penetapan pihak yang berwenang).

(dengan melihat pengalaman tahun-tahun sebelumnya agar mendapatkan hewan qurban dengan harga lebih murah, untuk yang berniat menyalurkan berupa uang tunai, kami sarankan dilakukan jauh hari sebelum Hari Raya Idul Adha. InsyaAlloh kami akan merawat hewan qurban sebelum disembelih).

Adapun kegiatan akan kami pusatkan di dua tempat, yaitu :

1. Untuk penyaluran kepada warga binaan PALUNG kegiatan akan dilaksanakan di Jl. Ulil Albab No. 20 Rt. 01 Rw. 03 Cisaranten Endah Arcamanik Bandung.

2. Untuk penyaluran kepada warga perkampungan akan dipusatkan di Kampung Rancasari Desa Kasomalangkulon Kecamatan Kasomalang Kabupaten Subang.

IV. Undangan Partisipasi

Mohon do’anya dari kaum muslimin semua semoga kegiatan ini bisa terlaksana. Bagi kaum muslimin yang bermaksud berpartisipasi dalam program ini dapat menghubungi kami di no Tlp. 081320363386. Untuk yang bermaksud menyalurkan berupa uang tunai dapat dikirim ke Rekening 1300005630572 Bank Mandiri KCP Bdg Soekarno Hatta, Atas nama Uus Hoeruddin, S.Pd.

V. Penutup

Terakhir kami berharap semoga program ini dapat menjadi sebuah upaya untuk membagi kebahagiaan antar sesama muslim, dan menunjukan betapa agungnya syariat Islam.

Bandung, 10 Oktober 2010

PALUNG(Lembaga Pemberdayaan Pemulung Bandung)

Ketua

Uus Hoeruddin

2 komentar:

  1. assalamualaikum
    program yg bagus ^^
    smg distribusi daging kurbannya merata dg adanya program2 'satelit' seperti ini

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas dukungannya....

    BalasHapus