Jumat, 30 Juli 2010

Obrolan Menjelang Ramadhan dengan Teman Pemulung

Alhamdulillah, hampir enam bulan saya telah bersama-sama dengan teman-teman pemulung yang berada di PALUNG. Tidak terasa sudah menjelang shaum lagi, Ramadhan 1431 H akan segera tiba. Inilah shaum pertama saya setelah mengenal para pemulung yang berada di PALUNG.
Dari beberapa kali obrolan saya tahu bahwa yang paling mereka risaukan menjelang shaum yang akan datang adalah bagaimana mereka bisa dapat bekal yang banyak untuk dapat mudik ke kampung halaman. Padahal menjelang Ramadhan biasanya barang-barang rongsokan susah didapat, ditambah lagi harga jual yang turun drastis.
Ketika ditanya, biasanya bagaimana kalau shaumnya?
Mereka hanya "nyengir"..... Rata-rata mereka hanya tamat dua atau tiga hari shaum dalam sebulan.
Kemudian ketika saya tanya bagaimana kalau Ramadhan sekarang mau shaum?..
Mereka menjawab semangat, "Mau, insyaAlloh".
Alhamdulillah... pikirku, ternyata obrolanku akhir-akhir ini ada bekasnya juga.
Tidak percuma hampir setiap hari ngobrol dengan mereka, tentang semangat, tentang keshabaran, tentang keyakinan bahwa rizki, Allohlah yang ngatur. Tentang pentingnya belajar untuk terus meningkatkan ibadah, agar hidup bisa lebih tenang, walaupun dalam keadaan kesusahan.
Bener, senang sekali mendengar mereka punya keinginan untuk shaum dan meningkatkan ibadah lainnya di bulan ramadhan ini. Lalu terpikir seandainya bisa menggembirakan mereka, dengan makanan yang enak ketika berbuka....., dengan pakaian yang bagus untuk merayakan Iedul Fitri.

Yaaa Alloh limpahkanlah rizkiMu untuk mereka menjelang Ramadhan ini. agar mereka benar-benar merasakan nikmatnya mengabdi kepadaMu......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar